Ciri-ciri Rack Steer Rusak dan Tips untuk Menghindarinya

8:26 PM

Rack steer adalah salah satu komponen penting pada mobil yang fungsinya sebagai penghubung antara kemudi dengan roda dan kaki-kaki mobil. Komponen ini harus dijaga dan dirawat karena jika rusak dapat membahayakan.


Ilustrasi. Image by Joshua_Willson from Pixabay.com

Pasalnya, rack steer rusak bisa membuat pengemudi kehilangan kendali dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu penting untuk selalu memperhatikan kondisi dari rack steer dan mengenali ciri-ciri kerusakannya.

Ciri-ciri Rack Steer yang Rusak


Apabila rack steer pada mobil mengalami kerusakan, maka kinerja power steering akan menurun. Akhirnya ban mobil tidak bisa berbelok dengan maksimal sesuai lingkar kemudi. Ada beberapa ciri-ciri rack steer yang rusak untuk diperhatikan berikut ini.


1. Setir Terasa Berat dan Sulit untuk Berbelok


Tanda kerusakan rack steer yang paling mudah disadari adalah setir yang terasa berat saat dibelokkan. Kondisi ini akan membuat mobil tidak bisa berjalan lurus meskipun setir sudah diarahkan dengan benar. Bahkan mobil bisa berjalan sendiri ke arah kiri atau kanan.


Umumnya setir yang sulit dibelokkan karena kurangnya minyak pada power steering. Selain itu tekanan ban yang tidak memadai juga dapat membuat rack steer mobil menjadi rusak. Jika kondisi ini sudah terjadi, maka lebih baik segera bawa mobil ke bengkel.


2. Steering Wheel yang Bergetar


Selanjutnya, kerusakan rack steer dapat dirasakan dari getaran yang muncul ketika mobil dalam keadaan idling. Getaran yang terjadi ini merupakan tanda bahwa drive belt mengalami kerusakan dan masalah.


Padahal drive belt membutuhkan tegangan agar bisa digunakan dengan maksimal. Maka dari itu, penting untuk memeriksa komponen ini secara rutin. Sehingga rack steer tidak mudah rusak dan keselamatan pengemudi tetap terjamin.


3. Munculnya Suara pada Roda Kemudi


Untuk memeriksa kondisi rack steer, coba kemudikan mobil dengan kecepatan lambat. Jika terdengar suara yang berdengung atau memekik, maka kemungkinan besar terjadi kerusakan pada rack steer dan harus segera diatasi.


4. Kondisi Pinion Gear dan Harmonika yang Tumpul


Pinion gear dan harmonika merupakan komponen yang penting pada mobil. Apabila kedua komponen ini rusak, dapat dipastikan kondisi rack steer sedang bermasalah. Sehingga akan sangat berbahaya jika tidak dibawa ke bengkel.


Biasanya kerusakan terjadi karena adanya gesekan antara pinion gear dengan harmonika yang kekurangan pelumas. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengecor ulang gear untuk membentuk gerigi-gerigi baru yang lebih kuat.


Tips Supaya Rack Steer Tidak Mudah Rusak


Kondisi rack steer yang rusak sangat membahayakan pengemudi karena bisa menyebabkan kecelakaan. Jangan khawatir karena ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk menjaga kondisi rack steer, yaitu:


  • Hindari jalan berlubang dan banjir.
  • Perhatikan usia pemakaian komponen.
  • Hindari ban berbelok ketika parkir.


Untuk menghindari rack steer rusak, para pemilik mobil harus rajin melakukan perawatan dan pengecekan rutin. Dengan begitu keselamatan selama berkendara akan terjamin dan perjalanan jadi nyaman.

Comments