Cara Aman Beli Mobil Bekas Di Jakarta

5:00 PM

Ilustrasi. Image by Mohamed Hassan from Pixabay

Membeli mobil bekas secara online merupakan salah satu langkah praktis dalam menghemat waktu dan tenaga. Anda jadi tidak perlu datang jauh-jauh ke showroom untuk melihat kondisi mobil, hanya melalui sebuah aplikasi. Jika membeli mobil secara online perlu adanya kewaspadaan yang tinggi. Anda bisa mengikuti langkah penting berikut sebelum membeli mobil bekas. 


Periksa Kelengkapan Dokumen Surat Kendaraan


Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu memeriksa kelengkapan surat seperti BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), faktur, dan juga STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Ketika melihat kelengkapan dokumen ini, pastikan juga Anda melihat ciri-ciri fisik mobil apakah sudah sesuai dengan surat kendaraan atau tidak. Cek fisik ini meliputi nomor mesin ataupun nomor rangka kendaraan. 


Dengan pemeriksaan tersebut nantinya bisa terhindar dari masalah-masalah di kemudian hari, untuk itu selalu pastikan nomor rangka dan juga nomor mesin sebelum membeli mobil bekas.


Cek Rekam Jejak Servis Kendaraan 


Ketika Anda ingin membeli mobil bekas terdapat banyak hal yang yang perlu diperhatikan dan dibandingkan dengan membeli mobil baru. Seperti perlu mengcek terlebih dahulu jejak servis kendaraan. Anda bisa menanyakan secara langsung bagaimana riwayat perawatan mobil kepada penjual, tentu mobil bekas yang bagus sudah dipastikan memiliki rekam jejak servis yang tercatat. Artinya, potensi kendaraan mengalami masalah dikemudian hari relatif kecil. Jika pemilik kendaraan melakukan servis di bengkel resmi tentunya sudah dipastikan kondisi unit kendaraan yang dijual dalam performa baik.


Cek Kondisi Mesin


Ketika membeli mobil bekas, untuk melihat kondisi mesin sangatlah wajib dilakukan. Terdapat banyak cara mendasar ketika ingin melihat kondisi mesin yaitu bisa berupa suara mobil ketika sedang menyala. Mobil yang memiliki kondisi mesin baik tentu akan mengeluarkan suara yang halus, tidak tersendat dan juga tidak kasar. Maka kebalikannya, jika ada mobil yang memiliki suara kasar dan tersendat-sendat dipastikan mesin kendaraan tersebut mengalami masalah.


Untuk melihat kondisi mobil apakah kendaraan tersebut mengalami kebocoran akan terlihat jelas tandanya. Anda juga bisa menginspeksi mesin kendaraan yaitu  berupa bearing roda, karet burshing arm, ball joint, long tie rod dan tie rod, shockbreaker, ban, hingga pelek. 


Pastikan Situs Penjual Valid


Selain ketiga hal penting diatas, langkah lainnya yang perlu diperhatikan adalah tingkat kredibilitas situs penjual. Di era modern seperti sekarang yang semua bisa dilakukan digital sudah banyak ditemui platform jual beli mobil bekas secara online. Akan tetapi, dengan membeli secara online tentu tingkat kewaspadaan juga harus lebih ditingkatkan. Jangan sampai Anda salah memilih platform jual beli mobil abal-abal. Salah satu jual beli mobil yang terpercaya tentunya sudah memiliki nama yang sering dikenal banyak orang contohnya seperti mobbi. Dimana pada platform mobbi ini merupakan member of ASTRA. 


Pastikan Anda memimilih platform yang terpercaya seperti mobbi. Anda bisa mengunduh aplikasi mobbi secara gratis di Playstore ataupun App Store. Selain Jual mobil bekas Jakarta di mobbi tersedia jual mobil bekas lainnya dari berbagai daerah. Selain jual beli mobil, di aplikasi mobbi Anda juga bisa tukar tambah bahkan melakukan Pre-order dengan unit yang Anda inginkan. 

Comments