Cara Asah Skill Conversation English Anda dengan 5 Trik Ini!

11:45 PM

Ketika belajar suatu bahasa, kita semua membayangkan diri sendiri melakukan conversation English dengan penutur asli, berbicara dengan lancar tentang berbagai topik. Ya, pasti kita semua ingin memiliki kemampuan percakapan yang luar biasa. Tapi apa cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan berbicara kita?  Apa saja tips terbaik untuk menjadi lebih baik dalam berbicara dalam bahasa Inggris? 

Ilustrasi. Image by Kristin Baldeschwiler from Pixabay.com


Cara Asah Skill Conversation English

1. Atas Kekhawatiran Tentang Tata Bahasa

Saat kita berada di tengah-tengah percakapan, kita mungkin ingin menghasilkan tata bahasa yang sempurna. Jangan! Saat berbicara, tata bahasa bukanlah hal yang paling penting. Daripada memikirkan grammar, kita fokus saja untuk mendengarkan orang lain dengan cermat, dan mengekspresikan ide kita dengan baik. 


Jika kita terlalu khawatir tentang grammar atau tentang mengingat kata yang sempurna itu, kita mungkin tidak akan mengatakan apa-apa sama sekali! Lebih baik membuat kesalahan dan memikirkannya setelah percakapan. Dengan cara ini, kita akan meningkatkan pelafalan dan menjadi lebih baik dalam mengasah keterampilan berbicara dan mendengarkan secara umum.


2. Dengarkan dengan cermat apa yang dikatakan orang lain


Terkadang kita begitu khawatir tentang apa yang ingin kita katakan sehingga lupa untuk mendengarkan dengan cermat. Bagaimana kita bisa bercakap-cakap dengan seseorang jika tidak mendengarkannya?


Jika orang lain mengucapkan kata atau frasa yang tidak kita mengerti, jangan khawatir, teruslah mendengarkan. Lebih penting untuk memahami arti umum daripada memahami arti dari setiap kata. Mendengarkan dengan cermat juga akan membantu kita mempelajari pelafalan, aksen berbeda, intonasi, dan kosakata baru.


3. Jangan lupa untuk bertanya


Mengajukan pertanyaan adalah keterampilan penting. Ini juga cara yang bagus untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa kita tertarik. Saat seseorang sedang menjelaskan sesuatu kepada kita, coba tanggapi dengan menanyakan pertanyaan yang relevan.


4. Berlatih


Cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan berbicara adalah dengan berlatih sebanyak mungkin. Jadi, berlatihlah berbicara dengan seorang teman  meskipun teman kita berasal dari negara yang sama. Selain itu, berlatihlah berbicara dengan berbicara kepada diri. Jadilah  imajinatif dan ciptakan conversation English dengan diri sendiri. Ini adalah cara yang bagus untuk selalu mengembangkan keterampilan kita dalam kefasihan dan pengucapan.


Jadikan bahasa Inggris bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Apa pun metode belajar yang kita pilih, pastikan tetap berlatih bahasa Inggris setiap hari. Nah, kalau ingin kemampuan speaking tetap terasah, yuk gabung ke Conversation Club bersama kami. Isi liburan di Lebaran Idul Fitri besok dengan kegiatan positif. Join segera Conversation Club untuk tingkatkan skill speaking english!

Comments