Mengenal Metode-Metode Dewatering

11:52 PM

Dalam kontruksi pertambangan pastinya sebuah Jasa dewatering tambang sudah biasa digunakan. Dewatering sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk proses pengeluaran air tanah atau pemantauan debit air tanah yang terdapat pada tanah dari lokasi pada struktur bangunan. Tidak luput juga dalam layanan Power Service Solution biasanya proses dewatering tersebut dilakukan dengan pemantauan lalu dilakukan nya pemompaan air, proses pemantauan tersebut dilakukan sebelum penggalian pada tanah, untuk dilakukannya memompa air dalam tanah, agar dapat mengurangi masalah selama penggalian. Dewatering juga dapat disimpulkan sebagai proses pemantauan dan mengendalikan air tanah.

Ilustrasi. Image by Dariusz Sankowski from Pixabay.com
Metode Predrainage

Metode pertama dewatering adalah metode predrainage. Prinsip dari metode ini adalah menurunkan muka air terlebih dulu sebelum melakukan penggalian dengan menggunakan wells dan wellpoints. Metode predrainage dilakukan apabila tanah berupa tanah lepas, berbutir sama, cadas lunak dan banyak celah. Serta tanah yang sensitive terhadap erosi.

Selain itu metode predrainage cocok untuk area yang memiliki saluran pembuangan air, debet air yang cukup besar. Metode ini bisa dibilang tidak memiliki efek yang bisa mengganggu bangunan-bangunan di sekitarnya, namun justru bagi warga di sekitarnya. Gangguan berupa polusi suara yakni kebisingan dan polusi udara akbiat proses predrainage.

Proses predrainage bisa dilakukan dengan dua cara yakni dengan metode pompa dalam dan metode well points. Metode pompa dalam datau deep well adalah metode yang memanfaatkan gaya gravitasi untuk proses pengeringan. Sementara untuk metode well points, yakni dnegan cara menggunakan vacuum atau pompa.

Metode Open Pumping

Metode kedua adalah open pumping, yakni metode yang dilakukan dengan mengumpulkan air permukaan dan rembesan di bagian tepi galian dengan menggunakan kolektor. Air tanah dibiarkan mengalir ke dalam lubang galian, kemudian dipompa keluar melalui sumur/selokan penampun di dasar galian. Penggunaan Jasa dewatering tambang juga bisa digunakan dalam perusahaan kontruksi dimana salah satunya PT Sewatama yang membuat layanan Power Service Solution.

Metode dewatering open pumping diaplikasikan jika menemui karakteristik tanah padat, bergradasi baik dan berkohesi, jumlah air yang dipompa tidak besar debetnya, dapat dibuat sumur penampung untuk pompa dan galian tanahnya tidak dalam. Untuk segi biaya, metode open pumping ini menghabikan dana lebih murah ketimbang metode predrainage.

Metode Cut Off

Metode terakhir untuk dewatering adalah metode cut off. Prinsip kerja dari metode ini adalah dengan memotong aliran air tanah dengan dinding pembatas agar area pekerjaan konstruksi terbebas dari air tanah. Metode cut off digunakan apabila gedung sebelah area kontruksi sensitive terhadap penurunan muka air tanah, tanah cadas tidak banyak celah dan tidak tersedia saluran drainase.

Metode cut off bisa dibilang sebagai metode dewatering terbaik karena tidak menimbulkan penurunan muka air tanah di sekitar luar area galian dan juga tidak terjadi aliran air tanah. Namun demikian, dari segi harga, cut off memiliki biaya yang paling mahal karena melibatkan alat berat untuk membuat dinding cut off.

Dengan penggunaan alat berat ini, biasanya yang terjadi adalah ketidaknyamanan yang dialami oleh warga sekitar. Polusi suara dan udara akibat debu dan tanah yang beterbangan, juga keamanan bangunan di sekitar membuat metode dewatering cut off sebaiknya diterapkan pada area proyek yang jauh dari pemukiman warga.

Comments