Alternatif Usaha Rumahan Modal Kecil Laba Besar

1:26 PM

Salah satu cara terbaik bagi ibu rumah tangga dalam memperoleh Pentaho tambahan yaitu dengan terjun ke dalam bisnis rumahan. Tips ini sangat efektif sebagai pekerjaan sampingan tanpa harus mengorbankan waktu untuk mengurus keluarga, khususnya anak. Bahkan dapat pula sebagai edukasi untuk anak agar lebih terampil. 

Ilustrasi. Image by Lara Gonzalo from Pixabay.com
Ada berbagai jenis usaha yang dapat dijadikan untuk sampingan, namun sebaiknya harus memilih usaha dengan modal kecil dengan laba besar. Sehingga hasil dari usaha rumahan pun dapat dilihat hasilnya dan sangat memuaskan serta tidak sia-sia. 

1. Makanan


Makanan menjadi alternatif usaha rumahan pertama dengan modal kecil. Mungkin untuk persediaan stock bahan bakunya harus dalam jumlah yang berlebih. Karena dengan belanja bahan baku besar akan mendapatkan harga yang miring daripada hanya membeli bahan baku yang hanya cukup untuk satu porsi / pesanan. 


Walaupun hanya sebatas bisnis kecil-kecilan, tetapi harus dilakukan stock opname dengan pembukuan BukuKas bahan baku dengan rutin. Sehingga dapat mengetahui bahan mana yang hampir habis dan harus segera dibeli. 


Bisnis ini menjadi bentuk yang sangat nyata dapat menghasilkan laba hingga 3 kali lipat modal awal. Untuk menjalankan bisnis makanan ini sebaiknya dilakukan baik secara online maupun offline. Sertakan pula tags terima pesanan untuk sebuah events.


Supaya hasil dari produk bisnis makanan mudah dikenali dan mempunyai image, dapat memanfaatkan teknik branding. Tambahkan sticker di dalam setiap kemasan. Dapat pula dengan menambahkan berbagai macam tags, seperti tanpa MSG / fresh food langsung dari kebun atau kolam untuk ikan. 


2. Jahitan


Alternatif bisnis rumahan kedua yaitu jahitan. Khusus untuk bisnis jenis ini harus menguasai mesin jahit dan pandai merajut. Selain itu harus mempersiapkan modal yang cukup besar guna membeli mesin jahit dan berbagai macam peralatan lainnya. Selanjutnya pelajari bagaimana untuk membuat pola dan menggunakan mesin jahit. 


Meskipun harus mengeluarkan modal hingga puluhan juta di awal, tetapi laba yang akan diperoleh tidak disepelekan begitu saja. Dalam sehari pun dapat memperoleh penghasilan hingga ratusan ribu, apalagi pada saat musim awal sekolah dan hari Raya. 


Tidak hanya dapat membuka jasa jahit / permak semata, dapat juga memproduksi produk sendiri dan dijual kembali. Seperti kerudung, sarung bantal sprei, tirai dan lain sebagainya. 


3. Laundry


Begitu pula dengan jenis bisnis satu ini. Awalnya harus mengeluarkan modal jutaan rupiah. Tetapi dapat menghasilkan laba yang cukup besar, apalagi pada saat musim penghujan. Khusus untuk bisnis yang satu ini sebaiknya menggunakan setrika uap supaya tenaga tidak terkuras habis untuk menyetrika.


Demikian 3 buah alternatif bisnis rumahan dengan laba yang besar. Dengan menjalankan bisnis tersebut keputusan untuk mencari pekerjaan sampingan pun tidak akan sia-sia. Terlepas dari hal itu, tidak boleh melupakan pembukuan dengan BukuKas. Supaya dapat mengontrol perkembangan bisnis dengan efektif. 

Comments