Alas Kaki Harap Dilepas, Larangan Dan Aturan Yang Harus Ditaati

3:47 PM
Sudah tidak asing lagi bila setiap tempat memiliki aturan tersendiri, baik secara tertulis maupun tidak. Misalnya saja tulisan "Dilarang Merokok" yang banyak dijumpai di SPBU atau biasa kita sebut sebagai POM Bensin. Tentu tanpa alasan, banyak yang lupa bahwa merokok di SPBU bisa sangat berbahaya, karena bahan bakar bisa dengan mudah terbakar walaupun hanya karena percikan api atau puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Apa yang saya contohkan diatas adalah hal yang umum dan tanpa tulisan peringatan tersebut seharusnya orang menyadari bahaya dari percikan api atau sumber api di SPBU. Hal lain yang kadang dilupakan adalah menggunakan ponsel juga kamera. Kalau mau lebih jelas bisa lihat di SPBU saat Anda mengisi bahan bakar.
Nah, hal serupa juga pernah saya temukan, bahkan sering. Lain kasus, kalau ini berkaitan dengan penggunaan alas kaki saat ke kamar mandi. Tentu saja penempelan pemberitahuan ini bukan tanpa alasan, bisa lihat dalam gambar diatas. Alasan sederhana: Selain malas membersihkan, anda juga terlihat cakep!. Walau tertulis demikian, sangat halus, tapi saya rasa sudah bisa menggerakkan hati bagi yang membacanya.

Banyak hal kecil yang akhirnya dituangkan dalam tulisan, karena memang banyak orang yang sering lupa atau tidak peduli terhadap hal-hal tertentu. Umum dijumpai tulisan mengenai larangan membuang sampah disuatu tempat, larangan menjalankan kendaraan dengan kecepatan tertentu, larangan berkunjung malam lewat jam tertentu, dan banyak hal lainnya.

Apapun itu, semoga kita bisa menyadari dan bisa menempatkan diri. Minimal bisa mentaati larangan atau peringatan yang sudah ditetapkan. Karena kebiasaan buruk banyak orang, meski sudah ada larangan atau aturan tertulis pun masih saja tidak ditaati.

Comments