Manfaat Argan Oil Untuk Rambut yang Perlu Kamu Tahu

2:39 AM

Memiliki rambut indah tentu menjadi idaman setiap orang, karena bagaimanapun juga salah satu penunjang gaya atau penampilan seseorang adalah rambut. Dengan rambut yang indah bisa membuat orang lebih percaya diri, apalagi bagi kaum perempuan.


Banyak yang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota, tidak terlalu berlebihan menurut saya, karena rambut yang bagus bisa memberi kesan positif dan bisa menjadi kebanggaan dari pemiliknya. Oleh karenaya, tidak mengherankan bila banyak orang yang melakukan banyak cara untuk merawat rambutnya agar tetap sehat dan terjaga keindahannya.

Ilustrasi. Image by Free-Photos from Pixabay.com

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memelihara rambut adalah dengan mengoleskan argan oil atau minyak argan ke rambut. Minyak argan sendiri merupakan minyak yang bersal dari biji pohon argan, jenis pohon ini banyak ditemukan di Maroko. Kandungan bermacam jenis lemak nabati, asam lemak, vitamin E, omega-3, antioksidan polifenol, beta-karoten, serta xantofil menjadikan minyak argan baik digunakan sebagai bahan pangan, obat-obatan serta untuk perawatan kulit dan rambut.

Lalu, apa manfaat argan oil untuk rambut? Untuk lebih jelasnya, berikut sedikit saya uraikan mengenai manfaat argan oil (minyak argan) untuk rambut:

  • Menjaga rambut agar tetap sehat, hal ini dikarenakan minyak argan mengandung asam oleat dan asam linoleat yang mampu melapisi kulit kepala serta bagian terluar batang rambut, dan yang tidak kalah penting adalah mampu menjaga kelembaban rambut
  • Membantu mengatasi rambut mudah kusut, karena minyak argan juga bisa berfungsi sebagai kondisioner yang dapat menjadikan rambut halus, berkilau dan mudah diatur
  • Menjaga kulit kepala tetap sehat, kandungan Vitamin E, polifenol, karoten, asam lemak, serta xantofil bisa bertindak sebagai antioksidan yang memiliki fungsi melindungi kulit, menekan proses peradangan, serta mampu mempercepat pernyembuhan luka di kulit kepala.
  • Membantu mengatasi kerusakan rambut, mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut.


Dengan banyaknya manfaat argan oil untuk rambut sebagaimana tertulis diatas, tentu saja bagi yang ingin memelihara rambut agar mahkota tersebut tetap nampak sempurna, menggunakan minyak argan merupakan pilihan logis. Bagaimanapun juga dengan kondisi cuaca di Indonesia yang panas dan kebiasaan mengikuti gaya rambut yang efeknya bisa merusak, kalau tidak diimbangi dengan perawatan yang tepat akan berdampak kurang baik bagi rambut itu sendiri.


Nah, kiranya sedikit yang saya sampaikan ini bisa memberi gambaran apa yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga rambut tetap sehat dan bisa dibanggakan.

Comments