Coba 6 Pekerjaan Sampingan Ini Buat Tambah Uang Saku Kuliah Kamu

6:24 PM
Sebagai seorang mahasiswa, tugas paling utama adalah memperoleh pengetahuan di kampus sebaik mungkin dan sebanyak mungkin. Untuk kebutuhan uang sehari-hari, kamu tidak perlu repot memikirkannya, karena orang tua kamu akan tetap menanggungnya. Tetapi terkadang uang yang diberikan oleh orang tua tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Mau meminta lebih jelas ada perasaan ragu dan tidak enak. 

Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa

Ilustrasi. Image by Pexels from Pixabay.com
Nah, itu sebabnya kamu bisa menambahkan uang tambahan sendiri. Salah satu caranya adalah dengan peluang usaha sampingan bekerja paruh waktu sebagai freelancer. Berikut ini merupakan beberapa pekerjaan paruh waktu yang dapat Anda coba tambahkan pada sela-sela waktu kuliah kamu, sebagai penambah uang saku. Lebih hebatnya juga tetap mengasah pengetahuan dan pengalaman sebagai  mahasiswa!

1. Layanan desain grafis

Di era digital sekarang, desain grafis adalah bagian dari salah satu cabang ilmu pengetahuan yang unggul. Kenapa? Karena ada banyak bidang bisnis yang membutuhkan penguasaan pengetahuan dalam pada bisnis ini. Beberapa bidang yang memang saat ini membutuhkan keberadaan seorang desainer grafis adalah dunia periklanan, dunia pengemasan, properti, film, internet, dll. 

Hasil akhirnya tentunya dapat ditemukan dalam bentuk seperti majalah, buku, kartu pos, poster, koran, souvenir, buletin, brosur, kalender, logo kemasan produk, kartu nama dll. Sehingga memang cakupan begitu luas dan tidak terbatas tentunya.

2. Layanan kerajinan kertas

Untuk pengusaha Kerajinan Kertas yang memang benar-benar serius dalam mengembangkan bisnis Kerajinan Kertas, mereka menyadari bahwa kegiatan pemasaran dan promosi bisnis Kerajinan Kertas perlunya dilakukan dalam beberapa cara untuk mencapai kesuksesan. Pada halaman ini, kami akan memberikan 50 cara untuk mempromosikan bisnis Kerajinan Kertas sehingga bisnis Kerajinan Kertas berhasil.

3. Layanan terjemahan

Manusia dan manusia merupakan dua hal yang berjalan begitu beriringan. Orang akan merasa sulit tanpa memahami bahasa yang sama untuk dapat berkomunikasi. Untuk menjadi seorang penerjemah bahasa asing tentunya akan sangat diperlukan bagi banyak orang. Banyak juga nyatanya artikel, buku atau dokumen yang membutuhkan sebuah terjemahan untuk memudahkan komunikasi.

Layanan terjemahan dapat dilakukan oleh perorangan, atau mungkin dengan melalui perusahaan dan organisasi. Selain itu, Indonesia telah menghadapi AFTA (Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN), perbedaan bahasa maupun tulisan tentunya sering menjadi hambatan dalam transaksi atau ketika melakukan bisnis. Tetapi bisnis ini nyata nya tidak hanya berfokus pada adanya komunitas bisnis, tetapi juga dapat menargetkan mahasiswa.

4. Layanan video syuting

Layanan video syuting tentunya sudah menjadi salah satu pilihan bisnis para pemuda di antara usaha atau bisnis yang lain. Ini dilakukan oleh seorang pemuda yang bekerja paruh waktu untuk mendapatkan uang tambahan. Secara umum, seorang pemuda tentunya akan secara fisik lebih kuat, lebih kreatif, penuh antusiasme dan lebih berani dalam mengambil sebuah risiko.

Di era ini, sebenarnya, ada banyak pemuda yang akan memilih untuk terlibat dalam dunia bisnis. Karena bisnis ini adalah bisnis yang dibilang sangat menjanjikan dan ini tentu sebuah informasi yang menarik bagi bangsa kita. Sebab, ketika bangsa sedang mengalami krisis moneter dan krisis global, bisnis ini bisa dijadikan solusi untuk masalah pengangguran.

5. Layanan perawatan hewan

Sekarang ini memang, lebih banyak layanan perawatan hewan dan perawatan sedang muncul di tengah-tengah masyarakat. Jasa penitipan dan juga sekaligus perawatan adalah salah satu jenis layanan perawatan hewan peliharaan yang paling dicari saat ini. 

Bisnis ini sendiri mempunyai banyak potensi, terutama di kota-kota besar layaknya Bandung, Surabaya, Medan Jakarta, dan Makassar. Layanan pengasuhan anak dan perawatan hewan dicari selama Idul Fitri, liburan atau periode waktu yang lama. Karena, pada umumnya memang pemilik hewan peliharaan tidak dapat membawa hewan peliharaan ini untuk dapat berlibur bersama ketika perjalanan jauh.

6. Layanan event organizer

Event Organizer (EO) adalah layanan untuk mengatur acara. Dengan EO, mereka yang memiliki acara tidak perlu bingung ketika memilih komite panitia untuk dapat mengelola acara tersebut. Suatu acara dapat dilakukan oleh lebih dari satu EO. Sebagai contoh, dua EO dapat melakukan program pelatihan untuk karyawan baru.

Di atas adalah 6 usaha sampingan yang cocok untuk kamu yang masih mahasiswa. 

Comments