Keuntungan Bisnis MLM yang Harus Dipahami

6:58 PM
Pastinya kita sering mendengar bisnis MLM atau multi level marketing. Mungkin ketika kita mendengar bisnis MLM, yang terlintas di pikiran kita adalah hal yang negatif. Padahal tidak semua bisnis MLM memberikan dampak negatif bagi membernya. MLM adalah bisnis yang digunakan untuk menjual barang dan jasa untuk mencari member dengan timbal balik yang sangat menarik.
Ilustrasi. Image by mohamed Hassan from Pixabay.com
Bisnis MLM bisa Anda gunakan menjadi usaha sampingan dan peluang usaha yang bisa memberikan keuntungan yang menarik. Namun sebelum itu Anda harus mengetahui ciri-ciri dari bisnis MLM yang baik dan sehat. Nah, pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai keuntungan bisnis MLM yang harus dipahami serta ciri-ciri bisnis MLM yang baik.

Keuntungan Bisnis MLM

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bisnis MLM memang terkadang memiliki citra yang buruk. Meskipun begitu bisnis ini masih banyak diminati. Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jaringan yang luas dan bakat dalam mencari link. Adapun berikut ini keuntungan bisnis MLM yang perlu diketahui.
  • Registrasi cepat dan mudah merupakan kelebihan dari bisnis MLM, sehingga jika Anda berminat untuk bergabung dengan bisnis MLM ini, hanya perlu membayar biaya pendaftaran agar bisa menjadi anggota resmi. Pembayaran registrasi ini hanya dilakukan sekali seumur hidup, namun sistem bisnis MLM satu dengan yang lainnya terkadang berbeda. Bahkan ada yang mengharuskan setiap anggotanya harus membeli produk dari perusahaan tersebut.
  • Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan jika bergabung dengan bisnis MLM yaitu Anda akan lebih mudah untuk mempromosikannya. Karena khas dari produk yang dijual di bisnis MLM ini adalah produk-produk yang unik. Sebagian banyak produk yang dijual adalah obat-obatan herbal atau apapun yang berhubungan dengan kesehatan.
  • Bisnis MLM juga bisa dilakukan oleh siapa pun tidak memandang usia. Karena tujuan utama dari bisnis MLM ini yaitu merekrut anggota sebanyak-banyaknya. Semakin banyak anggota yang direkrut, maka keuntungan yang didapatkan akan semakin banyak. Bisnis mlm ini bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan yang menjanjikan.

Ciri-ciri Bisnis MLM yang Baik dan Sehat

Sebelum Anda memutuskan untuk bergabung menjadi member MLM, perlu kecermatan dan memastikan bahwa bisnis tersebut aman dan sehat. Maka dari itu Anda perlu mengetahui ciri-ciri bisnis MLM yang baik dan sehat, sebagaimana berikut ini:

1. Memiliki Produk atau Jasa untuk Dijual

Sebelum memutuskan untuk bergabung dengan bisnis MLM, pastikan perusahaan tersebut memiliki produk dengan kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan. Apalagi bisnis MLM ini terkenal dengan perusahaan yang menjual produk-produk seperti obat herbal. Jika Anda menjumpai bisnis MLM dengan produk yang tidak jelas manfaat dan tidak terlalu terkenal, jangan sekali-kali memilih bisnis tersebut. Karena sudah bisa dipastikan tidak baik dan tidak sehat.

2. Memiliki Sistem yang Adil Bagi Semua Member

Bagi member yang bekerja keras dalam bisnis MLM pasti bisa mendapatkan banyak keuntungan. Namun jika Anda bergabung dengan bisnis ini dan malas untuk bekerja atau melakukan promosi. Sedangkan downline yang Anda miliki bekerja keras, tentu saja keuntungan yang didapatkan akan lebih banyak didapatkan. Karena sistem bisnis MLM yang baik pastinya adil untuk semua member.

3. Harga Produk yang Dijual Masuk Akal

Selain terjamin kualitasnya, bisnis MLM yang baik dan terpercaya pasti memberikan harga produk yang masuk akal. Karena pada dasarnya sistem pendapatan yang didapatkan dari bisnis MLM ini yaitu dari jumlah pembeli barang yang banyak.

4. Memiliki Badan Hukum yang Jelas

Ciri-ciri lain bisnis MLM yang baik dan sehat yaitu memiliki badan hukum yang jelas. Bagi Anda yang pemula dan bingung untuk menentukan mana bisnis MLM yang tepat, sangat disarankan untuk bergabung dengan perusahaan MLM yang berbentuk perseroan terbatas. Selain itu pastikan perusahaan tersebut memiliki SIUP dan NPWP. Dengan mendapatkan badan hukum yang jelas produk yang dijual tentu saja bisa dipertanggungjawabkan dan aman untuk digunakan.

Itulah keuntungan bisnis MLM yang harus dipahami serta ciri-ciri bisnis MLM yang baik dan sehat. Meskipun saat ini bisnis MLM menjadi pro dan kontra, Anda harus tetap teliti dalam memilih bisnis MLM agar tidak tertipu.

Comments