Kamis, 05 Oktober 2017

Perbedaan/ Pengertian Fisika, Kimia, Biologi, Ilmu Bumi dan Antariksa

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita merasa bingung bila harus mendeskripsikan suatu bidang keilmuan. Bagi yang masih atau pernah merasakan bangku sekolah, ada beberapa mata pelajaran yang mencakup bidang ilmu masing-masing. Fisika, Kimia, Biologi, merupakan beberapa mata pelajaran yang diajarkan dibangku sekolah. Bila dalam cakupan lebih luas, kesemuanya mempelajari tentang alam.
Ilustrasi. Photoright: Arek Socha / www.pixabay.com
Nah, Fisika, Kimia, Biologi, Ilmu Bumi dan Antariksa merupakan empat kelompok/ golongan dari kumpulan pengetahuan atau penyelidikan tentang alam. Lalu, apa perbedaan atau deskripsi ilmu yang dipelajari masing-masing kelompok tersebut? Berikut ini deskripsi dari empat (4) golongan pengetahuan tersebut, yaitu:

1. Fisika

Mempelajari tentang aspek mendasar alam, misalnya materi, energi,gaya, gerak, panas,cahaya, dan berbagai gejala alam fisik lainnya.

Fisika (bahasa Yunani: φυσικός (fysikós), "alamiah", dan φύσις (fýsis), "alam") adalah sains atau ilmu alam yang mempelajari materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, bersamaan dengan konsep yang berkaitan seperti energi dan gaya. Salah satu ilmu sains paling dasar, tujuan utama fisika adalah memahami bagaimana alam semesta berkerja. [Wikipedia]

2. Kimia

Meliputi penyelidikan tentang penyusun dan perubahan zat.

Kimia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi. Ilmu kimia meliputi topik-topik seperti sifat-sifat atom, cara atom membentuk ikatan kimia untuk menghasilkan senyawa kimia, interaksi zat-zat melalui gaya antarmolekul yang menghasilkan sifat-sifat umum dari materi, dan interaksi antar zat melalui reaksi kimia untuk membentuk zat-zat yang berbeda. [Wikipedia]

3. Biologi

Mempelajari tentang sistem kehidupan mulai dari ukuran renik sampai dengan lingkungan yang sangat luas.

Biologi adalah kajian tentang kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. [Wikipedia]

4. Ilmu Bumi dan Antariksa

Mempelajari asal mula bumi, perkembangan dan keadaan saat ini, bintang-bintang, planet-planet, dan berbagai benda langit lainnya.

Nah, dengan mengetahui perbedaan dari masing masing bidang tersebut semoga bisa menambah wawasan sehingga kita tidak bingung lagi bila harus membedakannya. Semoga bermanfaat. 


EmoticonEmoticon