Selasa, 04 September 2018

Cara Jitu Kredit Apartemen Agar Tidak Tertipu

Kredit apartemen bisa dimanfaatkan untuk dua hal utama. Pertama adalah bisa menjadi hunian bagi Anda yang sedang single ataupun yang sudah berpasangan belum memiliki rumah idaman dan tidak ingin tinggal di rumah kontrakan ataupun di kos-kosan.
Ilustrasi. Photoright: StockSnap-894430 / www.pixabay.com
Apartemen bisa menjadi pilihan tempat tinggal yang paling tepat yang bisa didapatkan baik dengan cara kredit ataupun cash. Selain itu, fungsi apartemen yang kedua adalah untuk investasi.

Di daerah perkotaan banyak orang yang ingin memiliki rumah tinggal sendiri namun harga yang melambung membuat niat mereka urung dan lebih memilih untuk tinggal di kos ataupun di kontrakan.

Alternative lain yang bisa dipilih adalah dengan menyewa apartemen Jakarta harian yang dirasa lebih private, lux, dan nyaman. Untuk itulah, fungsi apartemen yang kedua adalah sebagai lahan investasi bagi Anda yang ingin menyewakan apartemen ini sebelum akhirnya di jual kembali di kemudian hari dengan harga yang melambung dua hingga 3 kali lipat.

Memang, jika dibandingkan dengan rumah kos dan juga rumah kontrakan, apartemen memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah:
  1. Bisa leluasa beristirahat dalam ruangan yang benar-benar milik Anda. Tanpa ada intervensi dari siapapun kecuali yang memang Anda juga berkepentingan dengan mereka dan mempersilahkan masuk.
  2. Secara luasnya, apartemen tidak seluas rumah kontrakan. Ini akan mempermudah Anda untuk membersihkan ruangan dalam waktu yang singkat. Beda halnya dengan sewa rumah kontrakan yang luas dan perlu sehari penuh untuk kerja bakti bersih-bersih rumah yang bahkan untuk memulainya saja enggan.
  3. Dibandingkan dengan kamar kos, apartemen tentunya lebih compact dan meng-cover semua kebutuhan kita sehari-hari. Cara penataannya yang cerdas dan ringkas tidak memakan banyak space namun apa yang kita perlukan semuanya ada dalam ruangan ini.
  4. Di ruangan apartemen, Anda pun bebas mendekorasi ruangan yang sesuai dengan jiwa dan kepribadian Anda.
Karena banyaknya keunggulan yang dimiliki apartemen, baik untuk hunian pribadi ataupun untuk investasi, banyak orang yang saat ini mulai mengincar kredit apartemen yang menjanjikan itu.

Bank selaku lembaga keuangan yang biasa mengfasilitasi kredit apartemen akan mempertimbangkan kemampuan kredit dari masing-masing nasabah yang mengajukan kredit apartemen. Biasanya, total rasio kredit yang disetujui adalah maksimal 30 persen dari total gaji nasabah.

Rasio ini cukup logis pertimbangannya yaitu agar sisa uang yang dimiliki bisa dipakai untuk kebutuhan lain. Jika ingin kredit apartemen dengan angsuran yang ringan, maka usahakan untuk melakukan kredit dengan uang muka yang besar. Jumlah DP yang dibayarkan akan berpengaruh pada jumlah cicilan perbulannya.

Lalu apa saja tips nya?

1. Buatlah perbandingan

Langkah pertama yang sangat berpengaruh bagi kelancaran kredit Anda selanjutnya adalah membuat perbandingan secermat mungkin. Ya, buatlah perbandingan. Anda bisa mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi mengenai kredit apartemen yang ada. Namun sebelum itu, lakukan survey atas apartemen yang Anda inginkan.

Jika Anda sudah cocok dengan apartemen tersebut, segera cari tahu bank mana saja yang menyediakan layanan KPA atau kredit pemilikan apartemen yang Anda inginkan itu. Setelah itu, pelajari syarat yang perlu dilengkapi, bunga, tenor waktunya, uang mukanya dan lain sebagainya. Pelajari manakah bank yang menawarkan kredit pemilikan yang paling baik.

2. Siapkan DP

Syarat terpenting dari kredit pemilikan rumah adalah uang muka. Ini tidak lain dikarenakan tingginya harga tanah, mahalnya bahan bangunan, dan biaya desainer bangunan yang tinggi. Umumnya, pihak bank akan memberikan total angsuran kredit sebanyak 70 persen dari total harga secara keseluruhan.
Dengan begitu, otomatis uang muka yang harus disiapkan untuk kredit kepemilikan apartemen adalah sejumlah 30 persennya sebagai syarat pengajuan kredit. Semakin besar DP yang Anda bayar, semakin kecil angsuran bulanan yang harus Anda cicil.

3. Hindari kredit yang buruk

Melalui Bank Indonesia checking, Anda bisa mengamati kredit yang Anda lakukan, apakah kredit tersebut baik ataukah buruk. Bank Indonesia pun demikian. Pihak bank akan mengetahui apakah Anda adalah tipe peminjam yang baik ataukah yang buruk dengan melihat list backlist dari bank yang dinaunginya. Biasanya, nasabah yang masuk dalam daftar back list adalah mereka yang tidak melakukan pembayaran secara berturut-turut selama 2 bulan.

4. Perbaiki catatan tabungan yang dimiliki

Pihak bank akan mengamati dengan baik aliran dana yang mengalir pada rekening Anda setiap bulannya. Dari arus kas tersebutlah, akan tampak aliran dana Anda yang selanjutnya akan dianalisa lebih lanjut oleh pihak bank dan akan diketahui apakah cash flownya mencukupi, rutin, dan juga positif untuk menjadi nasabah yang akan diberikan kredit ataukah tidak setiap bulannya.

5. Persiapkan dokumen yang diperlukan

Agar pengajuan kredit pemilikan apartemen bisa segera di acc, maka segera kumpulkan persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan kredit, mulai dari FC kartu identitas, akta nikah, dan juga kartu keluarga. Agar segera diproses maka lengkapi persyaratan tersebut dan ajukan kepada pihak bank.

Cara kredit apartemen diatas jika dilakukan dengan sejeli dan juga secermat mungkin akan membantu mempercepat selesainya proses pengajuan kredit yang Anda butuhkan. Segera Anda akan bisa memiliki apartemen setelah proses pengajuan kredit disetujui. Apartemen tersebut bisa Anda manfaatkan baik untuk hunian ataupun untuk investasi.

Agar nilai investasi semakin hari semakin tinggi, maka selektiflah dalam memilih lokasi apartemen. Pilih apartemen yang berada di sekitar pusat keramaian. Meski agak mahal saat dibeli, namun harga apartemen ini akan melonjak berkali lipat jika ingin dijual di kemudian hari.


EmoticonEmoticon