Minggu, 17 Juni 2018

Tahukah Kamu, Sepatu Futsal dan Bola Ternyata Beda Lho!

Seperti sudah diketahui, sepak bola dan futsal memang berasal dari cabang olahraga yang sama. Tetapi, masing-masing memiliki lapangannya sendiri. Perbedaan lapangan ini pula yang membuat kebutuhan pemain akan sepatu juga berbeda. Lalu apa perbedaan sepatu futsal dan bola? Bagaimana cara memilih yang benar? Mari cari tahu lebih banyak di sini.

Perbedaan Sepatu untuk Futsal dan Bola


Kalau dilihat dari desainnya, sepatu untuk futsal dan bola memang sekilas mirip. Pada dasarnya, perbedaan desain ini hanya ada pada bagian bawahnya saja yang disesuaikan dengan dimana sepatu ini akan digunakan.

● Sepatu Untuk Futsal

Olahraga futsal dilakukan di lapangan yang menggunakan rumput sintetis. Karena menggunakan rumput sintetis, bagian bawah biasanya berupa beton atau lantai biasa, bukan tanah seperti di lapangan sepakbola

Dengan medan seperti ini, sepatu yang digunakan pun tidak membutuhkan pul. Sebagai ganti pul ini, sepatu untuk futsal biasanya menggunakan bagian bawah yang terbuat dari karet. Karet ini pun tidak perlu yang terlalu keras. Karena alas rumput sintetis sudah empuk, karet sepatu pun cukup menggunakan yang biasa saja.

Untuk kenyamanan pemain, sepatu dengan bahan sintetis sering direkomendasikan sebagai pilihan yang terbaik. Selain pas dengan medannya, bahan sintetis ini memang paling sesuai untuk digunakan saat futsal.

● Sepatu Untuk Bola

Berbeda dengan futsal, olahraga sepakbola dimainkan di lapangan besar dengan rumput asli menyelimuti tanah. Karena perbedaan ini, spesifikasi sepatu untuk sepakbola juga berbeda dari yang untuk futsal.
Ilustrasi. Photoright: Phillip Kofler / www.pixabay.com
Dengan kebutuhan untuk berlari di atas tanah dan rumput, pemain membutuhkan pul pada bagian bawah sepatunya. Jumlah pul yang dibutuhkan minimal adalah enam buah. Beberapa pemain profesional bahkan menggunakan lebih banyak pul. Tujuan pul ini adalah agar kaki pemain bisa berpijak dengan mantap dan aman di atas rumput dan tanah bahkan saat hujan sekalipun.

Pul biasanya terbuat dari bahan karet juga tetapi jauh lebih keras. Memang dibuat begitu agar pul mampu menahan berat badan dan energi pemain saat berlaga dan tetap awet dalam jangka waktu yang lama.

Demi kenyamanan saat dipakai, sepatu berbahan kulit asli sering kali direkomendasikan untuk pemain. Alasannya karena bahan kulit lebih lentur, lebih awet, dan lebih mendukung keseimbangan saat dikenakan. Walaupun begitu, sepatu dengan bahan kulit sintetis berkualitas pun tidak sedikit.

Tips Memilih Sepatu untuk Sepakbola dan Futsal


Walaupun ada perbedaan cukup signifikan antara sepatu untuk sepakbola dan futsal, keduanya membutuhkan ketelitian yang sama saat memilih. Salah memilih sepatu bisa berakibat pada pemborosan dan cider saat bermain. Jadi jangan anggap remeh proses memilih. Beberapa tips berikut ini akan membantu pemain membeli sepatu dengan lebih tepat.

1. Pilih Ukuran Yang Fit

Ukuran yang tepat pada kaki adalah faktor utama kenyamanan dan keamanan. Sepatu yang terlalu kecil jelas tidak nyaman dan bisa menyebabkan cedera serius apabila digunakan terlalu lama. Sepatu yang terlalu besar juga memperlambat pergerakan pemain dan jelas merepotkan. Jadi usahakan untuk selalu mencoba sepatu yang akan dibeli, dan pastikan ukurannya pas. Kalau membeli online, biasakan untuk membeli merek dan ukuran yang sudah biasa dibeli untuk mencegah salah beli ukuran.  

2. Teliti Pada Spesifikasi Sepatu

Jangan hanya karena ada sepatu futsal original murah lalu dibeli padahal yang dibutuhkan adalah sepatu sepakbola. Perhatikan olahraga yang mana yang akan dimainkan, dan sesuaikan spesifikasinya. Pilih sepatu sepakbola untuk bermain bola dan sebaliknya. Perhitungkan pula posisi saat bermain agar sepatu tetap pas.

3. Perhitungkan Budget

Disiplin pada budget selalu penting, termasuk saat memilih dan membeli sepatu. Usahakan untuk tidak membeli sepatu lebih dari harga yang bisa dianggarkan. Kalau ingin membeli sepatu bola branded murah, manfaatkan momen diskon dan potongan hari besar. Biasanya, harga jadi lebih terjangkau.

Jadi, sepatu bola dan futsal memang memiliki spesifikasi dan desain yang berbeda. Carilah sepatu yang sesuai dengan olahraga yang akan dimainkan. Kemudian, gunakan tips-tips di atas agar tidak salah memilih dan membeli sepatu.


EmoticonEmoticon