Minggu, 27 Mei 2018

Cara Merawat Rambut Yang Bisa Dilakukan Secara Mudah

Memiliki rambut yang sehat merupakan harapan semua orang, karena banyak yang bilang bahwa rambut adalah mahkota. Laki-laki maupun wanita saya kira perlakukan untuk merawat rambut tidak jauh berbeda, tapi khusus bagi wanita memang harus lebih ekstra karena memang secara umum ukuran rambut wanita lebih panjang dibanding dengan laki-laki. Belum lagi bagi wanita yang berhijab, hal ini tentu sedikit banyak akan berpengaruh terhadap cara perawatannya.
Ilustrasi. Photoright : Silvio Alberro / www.pixabay.com
Cara merawat rambut ada banyak sekali, baik itu secara modern maupun tradisional. Lidah Buaya dan Alpukat bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut, yaitu digunakan sebagai masker rambut. Cara cukup mudah, hanya dengan mengambil daging lidah buaya dan lumat/hancurkan jadi satu dengan buah alpukat. Bila sudah, cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan ke rambut seperti melakukan keramas. Agar memperoleh hasil lebih maksimal, bisa melakukannya 2-3 kali seminggu.

Bahan tradisional lain yang bisa digunakan untuk merawat rambut adalah daun seledri. Cara memanfaatkan daun seledri cukup mudah, siapkan daun seledri dan blender, buat jus dan diamkan selama semalam. Pada pagi harinya jus yang sudah didiamkan semalam ini bisa digunakan, caranya cukup dengan mengoleskan ke rambut secara merata, diamkan selama 10-15 menit dan bila sudah, bilas hingga bersih. Gunakan sesuai dengan kebutuhan atau bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.

Selain bahan-bahan diatas, masih banyak bahan tradisional lain yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Misalnya saja jus lemon, minyak almond, baking soda, dan bahan-bahan lain. Hal sederhana yang kadang terlupakan adalah merapikan rambut, misalnya menyisir dengan benar, memotong rambut secara rutin agar rambut bercabang bisa hilang. Tidak kalah penting adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, misalnya dengan memperbanyak minum air putih, buah-buahan dan sayur-sayuran yang baik untuk tubuh serta rambut. 

Demikian tadi beberapa cara perawatan rambut yang bisa Anda coba. Bagaimanapun juga untuk merawat rambut tidak cukup dengan keramas saja, karena kebutuhan rambut tentu tidak sama antara jeis rambut satu dengan yang lainnya. Semoga setelah mencoba melakukan perawatan rambut seperti apa yang tertulis diatas, rambut Anda akan menjadi lebih sehat dan indah. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon