Senin, 19 Maret 2018

Menanam Buah-Buahan Untuk Dikonsumsi Sendiri Maupun Untuk Menambah Penghasilan

Memiliki tanaman di kebun atau di pekarangan sendiri merupakan hal yang wajar, mengingat saat ini perlu adanya penghijauan agar kondisi rumah jadi lebih nyaman. Tak sekedar tanaman biasa, tanaman buah menjadi pilihan yang lebih menguntungkan, ada keuntungan lebih dari buah yang bisa dipetik tanpa harus membeli.

Ada banyak jenis tanaman buah yang biasa dibudidayakan di pekarangan, mulai dari yang berharga murah sampai yang mahal. Selain itu, faktor cuaca juga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jenis tanaman buah yang ingin dikembangkan. Semua juga disesuaikan dengan kondisi pekarangan juga, jangan sampai luas lahan tidak sebanding dengan jenis tanaman.
Duku di kebun sendiri
Nah, bicara mengenai buah dipekarangan atau dikebun, saya juga punya beberapa tanaman yang sampai saat ini bisa dipanen ketika musim. Ada dua pohon rambutan di halaman rumah, pisang, jeruk, duku, dan beberapa tanaman lain. Walaupun belum semuanya belum berbuah, tapi setidaknya nanti bisa berbuah juga bila sudah waktunya. Hanya rambutan yang sudah rutin berbuah setiap tahunnya.
Panen duku
Kebun samping rumah, milik saudara, ada banyak tanaman buah yang sudah rutin menghasilkan, diantaranya manggis, nangka, duku dan beberapa lainnya. Nah, untuk kebun yang agak jauh dari rumah, ada beberapa pohon duku yang sudah menghasilkan. Seperti dalam gambar diatas, suatu kesempatan panen duku juga di kebun.

Memang secara hasil tidak bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan utama, namun setidaknya dengan memiliki tanaman buah di pekarangan sendiri bisa menghemat pengeluaran dan memungkinkan juga untuk menambah penghasilan. 

Dengan menanam buah-buahan di kebun sendiri, bisa digunakan untuk investasi. Bila sudah berbuah nanti, bisa untuk dikonsumsi sendiri maupun dijual untuk menambah penghasilan.


EmoticonEmoticon