Selasa, 06 Februari 2018

Perawatan Velg Mobil Berbahan Alumunium

Jika harus berbicara mengenai komponen sebuah mobil memang tidak akan pernah ada habisnya, seperti salah satunya adalah velg. Mempunyai fungsi yang cukup penting menjadikan velg memerlukan perhatikan khusus. Bukan hanya pada pemilihan jenis, model atau desain velg yang bisa membuat mobil tampak lebih menarik. Tetapi juga pada saat melakukan perawatan atau perlindungan yang tepat supaya velg mempunyai masa pakai yang lebih lama. Orang lain melihat sebuah mobil pasti tidak lepas dari bagian velg, jadi Anda perlu perhatikan khusus supaya hal tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri.
Photorigh: Andreas Lischka / www.pixabay.com
Jika Anda salah satu orang yang gemar melakukan modifikasi sebuah mobil pastinya tidak akan pernah asing dengan berbagai model velg yang ada dipasaran. Dari mulai harga ratusan ribu sampai dengan ratusan juta rupiah tersedia semuanya. Misalnya saja bahan alumunium yang mempunyai karakteristik ringan tetapi tetap kokoh. Tetapi dalam perawatan yang dibutuhkan jenis bahan ini harus ada perhatikan khusus. Jika Anda salah satu orang yang mempunyai jenis velg tersebut, berikut ini tips merawat dengan mudah yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Langkah pertama sama halnya pada saat Anda harus melakukan pencucian untuk menghilangkan noda yang menempel pada permukaan menggunakan kain kering.
  2. Selanjutnya Anda bisa menuangkan minuman bersoda pada permukaan tersebut yang mengalami kondisi berkarat. Setelah tertuang, saatnya untuk mendiamkan kurang lebih dalam waktu 20 menit.
  3. Setelah 20 menit berlalu, Anda bisa melakukan penggosokan pada permukaan velg menggunakan spon ataupun lap yang halus secara perlahan pada bagian yang berkarat sampai dengan rontok.
  4. Jika dirasa semua karat sudah rontok dan bersih, saatnya untuk Anda membersihkan menggunakan sabun lalu keringkan dengan menggunakan lap kering. Jangan lupa untuk pengelapan harus benar-benar kering supaya tidak mudah berkarat lagi.

Itulah tahapan dalam pembersihan velg dengan bahan alumunium, selain menggunakan air yang bersoda Anda juga bisa menggunakan amplas waterproof. Cara atau tahapan yang dilakukan hampir sama dengan langkah yang ada pada bagian atas. Sebenarnya melakukan pembersihan sendiri perlu Anda perhatikan terlebih dahulu dari kasus velg Anda, bisa hanya mengalami berkarat, baret atau kotor biasa. Setiap jenis perawatan pastinya memerlukan cara yang berbeda-beda, jadi perlu Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum mulai membersihkan.

Secara teori memang mudah tetapi akan lebih mudah lagi jika Anda sudah terbiasa melakukan perawatan tersebut. Tampilan menarik sebuah mobil itu tidak luput dari kondisi velg yang digunakan, dari mulai kebersihan ataupun perawatan yang lebih mengkilap. Hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam saja Anda sudah bisa membuat velg mobil kembali seperti layaknya barang baru yang mengkilap. Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon