Selasa, 18 Juli 2017

Seluk Beluk Bisnis Sarang Burung Walet yang Menggiurkan

Sudah bukan hal yang asing lagi bahwa burung walet memiliki banyak kelebihan, sehingga menjadikannya sebagai komoditi bernilai jual tinggi. Burung walet dikenal sebagai burung yang mampu menghasilkan sarang yang dipercaya memiliki berjuta khasiat di bidang kesehatan maupun kecantikan. 
Tak heran jika pasaran luar negeri banyak sekali memburu sarang burung walet ini, sehingga menjadikan bisnis ini pun menjadi bisnis yang sangat menggiurkan. 

Sekilas tentang Walet dan Sarang Burung Walet


Ada 2 jenis burung yang sarangnya laku di pasaran, yaitu burung walet dan juga burung sriti. Namun, harga sarang burung walet jauh lebih mahal daripada sarang burung sriti. Bagi orang awam, 2 burung ini dianggap sama, walaupun faktanya jelas  berbeda. 

Burung walet atau nama ilmiahnya collocalia masuk dalam keluarga apodidae. Burung walet hidup dalam kelompok dan tinggal di daerah pantai/tepi laut. Burung walet ini termasuk dalam kelompok burung pemakan serangga. Panjang tubuh burung walet ini umumnya mencapai 8 cm dan termasuk setengah kali lebih kecil dibandingkan dengan burung sriti. 

Burung walet memiliki bentuk ekor yang pendek dan mengkotak, sedangkan burung sriti memiliki bentuk ekor memanjang dan runcing. Burung walet ternyata mampu bertahan hidup hingga mencapai 15-18 tahun dan umur ini juga mempengaruhi kualitas sarangnya. Perbedaan mendasar yang paling mudah diamati antara burung walet dan sriti adalah habitatnya. Dimana burung sriti biasa hidup di rumah-rumah penduduk (bagian langit-langit rumah), sedangkan walet biasa hidup di gua-gua dekat pantai. 

Sifat-Sifat Burung Walet


Ada beberapa sifat dari burung walet yang harus Anda pahami, jika Anda memutuskan akan terjun dalam bisnis peternakan burung walet, yaitu :
  1. Burung walet hidup berkoloni.
  2. Walet memiliki sifat home behaviour atau akan pulang pada rumahnya. Semakin tua usia walet, akan semakin kuat ingatannya untuk pulang ke rumahnya. 
  3. Walet hidup di daerah dengan iklim tropis.
  4. Tempat yang dihuni walet harus tenang, nyaman, dan aman dari berbagai gangguan predator.
  5. Walet hidup liar.
  6. Walet suka tempat sejuk dan lembab.

Khasiat Sarang Burung Walet


Sarang burung walet atau yang lebih terkenal dengan istilah sarang walet memiliki harga jual yang fantastis. Biasanya sarang walet dari Indonesia akan di ekspor ke luar negeri seperti China dan Jepang. 

Berbeda dengan harga sarang dari burung seriti yang berada jauh di bawahnya. Hal ini karena perbedaan komposisi sarang kedua burung tersebut. Sarang burung walet memiliki komposisi 100% berasal dari liurnya, sedangkan burung sriti membangun sarangnya dari daun cemara, lumut, dan rumput yang direkatkan dengan liurnya. 

Adapun khasiat sarang walet yang diyakini hingga saat ini adalah:
  1. Menjaga performa tubuh.
  2. Menjaga keremajaan tubuh
  3. Meningkatkan vitalitas
  4. Menghambat kanker
  5. Memelihara kecantikan kulit

Air liur walet dalam sarangnya memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, mulai dari glikoprotein, 17 asam amino esensial, 6 mineral, dan asam amino non esensial yang dipercaya mampu mengobati stroke dan kanker. Air liur ini juga dipercaya mampu menjadi makanan suplemen untuk menunjang kinerja organ-organ tubuh manusia menjadi lebih baik. 

Macam-Macam Sarang Sarang Burung Walet


Khasiatnya yang sangat beragam membuat sarang walet banyak diburu oleh konsumen, tapi ketersediaannya yang sangat terbatas membuat harganya sangat fantastis. Adapun sarang burung walet terdiri dari beberapa macam, yaitu?

1. Sarang Putih

Sarang putih ini adalah sarang burung walet dengan kualitas terbagus yang murni dibuat dari air liur walet. Kisaran harganya untuk walet gedung mencapai 18 juta per-kg dan walet gua mencapai 8 juta per-kg. Sarang ini umumnya bisa ditemukan dari walet yang sengaja diternakkan dalam gedung oleh pengusaha.

2. Sarang Hitam

Sarang hitam adalah sarang burung walet yang bercampur dengan bulunya. Kondisi ini terjadi ketika walet merasa sarangnya tak cepat kering, sehingga walet kemudian mencampurnya dengan bulu. Sarang ini banyak ditemui pada walet yang hidup di gua. Harganya mencapai 1-4 juta per-kg. 

3. Sarang Lumut

Sarang ini umumnya terbuat dari air liur walet dan lumut dan banyak ditemui di gua-gua. Harganya tergolong jauh lebih murah yaitu sekitar 100-200 ribu per-kg. 

Tips Bisnis Sarang Burung Walet


Jika Anda tertarik dengan bisnis menggiurkan ini, maka ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar sukses, apakah itu?
  1. Membangun rumah tinggal burung walet dengan luas 21x36 meter yag terdiri dari 4 lantai. Rumah ini biasanya memiliki spesifikasi khusus yang harus Anda pelajari lebih dulu. 
  2. Kemudian Anda harus mengundang burung walet untuk mau tinggal di bangunan yang telah dibangun. Caranya bisa dengan membunyikan audio suara burung walet, memberikan aroma wangi, menciptakan udara yang lembab, serta menempatkan kotoran walet. 
  3. Kemudian tugas berikutnya adalah membuat walet yang sudah tinggal di bangunan itu agar betah. 
  4. Keberhasilan penetasan telur walet pada rumah peternakan yang masih banyak dihuni sriti hanya sekitar 10%, sedangkan jika populasi walet sudah mencapai 100 sarang, keberhasilannya meningkat menjadi 30%. 

Itulah informasi mengenai sarang burung walet dan prospek bisnisnya yang sangat menjanjikan. Apalagi sekarang sudah ditunjang dengan adanya e-commerce, jadi Anda sudah tak perlu bingung lagi dalam hal pemasaaran.


EmoticonEmoticon