Macam-Macam Jenis Perkakas Yang Harus Dimiliki Tukang Kayu

Perkakas merupakan alat-alat perlengkapan kerja baik itu perkakas tangan atau perkakas mesin yang berfungsi untuk menunjang pekerjaan agar dapat berjalan dengan baik. Alat-alat kerja ini banyak ditemukan dan di jual perkakas dengan berbagai macam alat, namun tidak semua alat harus Anda miliki.

Pada kesempatan kali ini sayan akan membahas alat perkakas apa saja yang wajib atau harus dimiliki bagi pekerja tukang kayu. Dan informasi ini mungkin cukup penting untuk Anda yang saat ini sedang membuka usaha jasa pertukangan atau membuat furniture kayu, dengan modal alat perkakas secukupnya untuk diawal usaha Anda. Berikut ini adalah perlengkapan perkakas yang wajib dimiliki.

Gergaji

Gergaji merupakan salah satu alat perkakas yang memang harus dimiliki oleh pekerja tukang kayu, karena kegunaannya yang berfungsi untuk memotong bagian-bagian kayu. Gergaji memiliki dua macam jenis yaitu gergaji untuk kayu dan gergaji untuk besi, ukuran gergaji pun beragam ada yang kecil, sedang sampai besar. Perkakas gergaji ini merupakan alat pekerja yang sudah pasti wajib dan harus Anda miliki.

Meteran Roll

Setiap pekerjaan pastinya akan melibatkan yang namanya dengan ukur mengukur. Maka dari itu jangan lupa untuk memasakun meteran roll sebagai list daftar alat perkakas yang harus dimiliki untuk menunjang pekerjaan pertukangan Anda.

Palu

Palu atau martil adalah perkakas tangan yang pastinya harus Anda miliki dan Anda beli. Terdapat jenis-jenis palu dengan kegunaan yang berbeda-beda disetiap jenisnya, maka dari itu jangan sampai Anda salah memilih jenis palu. Anda bisa membeli jenis palu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pahat

Alat perkakas selanjutnya yang harus Anda miliki adalah pahat. Pahat merupakan alat perkakas tangan berupa lempengan bilah besi yang pada bagian ujungnya tajam. Dan ujung pahat yang tajam inilah yang berfungsi sebagai alat untuk melubangi atau mengukir benda kerja atau benda keras seperti kayu, logam, dan batu.

Bor

Perkakas tangan satu ini boleh Anda miliki dan boleh tidak. Tapi lebih baik Anda miliki karena dapat sangat membantu Anda dalam membuat lubang pada benda kerja, tanpa harus repot-repot membuat lubang secara manual dan tentunya menggunakan bor lebih rapih. Dipasaran Anda bisa mendapatkan harga jual perkakas bor berkisar 200 ribuan untuk merk biasa saja, namun itu semua sudah cukup jika hanya dikerjakan untuk melubangi benda kerja seperti kayu saja

Ketam Kayu 

Ketam kayu atau nama umumnya serut kayu manual merupakan salah satu alat perkakas pertukangan yang harus dimiliki dan tidak boleh sampai terlewat. Fungsi dari alat serut kayu ini adalah sebagai penghalus permukaan kayu setelah melewati proses dari klin dry.

Siring berkembangnya zaman alat serut kayu manual kini sudah mengalami perkembangan yaitu sudah diciptakannya mesin serut kayu yang menggunakan tenaga listrik tanpa harus mengeluarkan tenaga lagi untuk menyerut kayu.

Amplas

Perlengkapan alat kerja perkakas yang terakhir harus Anda miliki adalah amplas. Amplas merupakan alat kerja yang terbuat dari kertas atau kain yang ditambahkan lapisan bahan yang kasar seperti butiran pasir. Fungsi dari amplas ini adalah untuk membuat permukaan benda kerja menjadi lebih halus dengan menggosok-gosokan kertas amplas kepermukaan benda kerja.

Nah itulah berbagai peralatan perkakas yang harus ada dalam kotak peralatan kerja kayu Anda. Semua peralatan perkakas yang Anda butuhkan bisa Anda temukan diberbagai toko perkakas atau toko banguna, Anda juga bisa membelinya secara online. Situs online jual perkakas murah bisa Anda temukan di indotrading.com, di indotrading Anda bisa membeli langsung alat-alat perkakas dari distributornya dengan harga perkakas yang pastinya lebih murah.

Posting Komentar