3 Alasan Mengapa Donwload Pakai IDM Jauh Lebih Baik

Percaya atau tidak hampir semua situs teknologi menyediakan link untuk download IDM. Tahu kamu apa alasanya? Satu-satunya alasan yang paling realistis adalah kenyataan bahwa peminat IDM (Internet Download Manager) sangatlah banyak. Meski harus diakui, kebanyakan situs teknologi hanya menyediakan Idm dengan crack atau serial number bajakan. Itu satu-satunya yang patut disayangkan. Banyak situs teknologi yang mendukung pembajakan demi meraup keuntungan. 
Ilustrasi. Photoright: Gerd Altmann / pixabay.com
Tapi kita lupakan saja semua masalah itu, sebab yang akan kita bahas bukanlah persoalan bajak menbajak di tanah air, tidak akan ada habisnya jika membahas permasalahan yang satu itu. Yang akan kita bahas di sini adalah alasan mengapa banyak pengguna teknologi menyukai IDM sebagai downloader pihak ketiga yang di pasang di browser mereka. Padahal ada banyak downloder lain yang katanya lebih baik. Tapi IDM lah yang tetap jadi pilihan. 

Alasan memilih Downlaod IDM

Menambahkan downloader pihak ketiga pada browser memang akan membuat kecepatan download jauh lebih baik. Fitur-fitur tambahan yang ada pada downlaoder pihak ketiga juga banyak yang lebih baik ketimbangan downloader bawaan. Lalu bagaimana dengan Idm, adakah sejumlah alasan mengapa IDM bisa lebih baik ketimbang semua downloader yang ada?

1. Lebih Kencang

Kamu boleh percaya atau tidak, download pakai Idm memang jauh lebih kencang ketimbang download pakai downloader bawaan. Padahal kalau kalau dipikir tidak ada yang berubah dengan kecepatan internet yang kita pakai. Kita masih menggunakan jaringan yang sama, lalu mengapa download pakai IDM jauh lebih kencang. 

Hal ini karena IDM di setting untuk mengikat jaringan hanya untuk download saja. Beda dengan downloader bawaan yang musti berbagi jaringan dengan browser. 

2. Bisa Download Semua File

Salah satu jenis file yang susah sekali di download tanpa ada link download dari pemilik situs adalah file jenis video. Misalnya saja file video di Youtube, dimana sebenarnya kita hanya memiliki lisensi untuk mendengarkan saja. Jadi Youtube tidak menyediakan link download. 

Tapi dengan menggunakan IDM kita masih bisa download file video meski tidak ada link download dari penyedia situs. Kita hanya perlu memutar video lalu di atas video yang kita putar bakal muncul kata “download this video”. tinggal kita klik saja pada kata itu dan file video akan ter-download. 

Hal yang sama juga berlaku untuk semua jenis file. IDM bisa kita gunakan untuk download semua jenis file baik besar maupun kecil ukuranya. 

3. Bisa diresume kapanpun

Kalau kita menggunakan downloader bawaan dari browser, kita juga bisa melakukan resume pada file yang kita download. Tapi sayangnya, proses resume hanya bisa dilakukan selama browser tidak kita matikan. Begitu browser kita matikan, proses download sudah hilang. 

Tentu berbeda bila kita menggunakan IDM, dimana kita bisa meresume segala jenis file yang telah kita download kapanpun. Hari ini kita mematikan laptop dan proses download kita pause, dua hari atau kapanpun ke depan, kita masih bisa melanjutkan. Ini adalah salah satu kehebatan IDM. 

Asalkan dengan catatan, situs penyedia tempat kita download tidak mengubah link yang kita gunakan untuk download. kalau sudah di ubah jalas tidak akan bisa. Sebab file sama saja dengan telah di hapus. 

Nah, itulah beberapa kehebatan IDM dibanding dengan downloader lainya. Jika kamu belum punya IDM, silakan download IDM untuk membuktikanya. 

Posting Komentar