Senin, 06 Februari 2017

Ingin Tidur Nyenyak dan Berkualitas di Pesawat? Wajib Hindari 4 Hal Ini

Pasti kebanyakan di antara Anda sering memanfaatkan waktu perjalanan di pesawat dengan tidur, namun nyatanya tidur di pesawat bagi beberapa orang tidaklah mudah.
  
Anda pasti sering kali tak tidur, karena mata Anda selalu terjaga saat berada di pesawat, sehingga menyebabkan mata Anda sembab dan lelah saat turun pesawat dan tiba ke destinasi tujuan.

Untuk Anda yang ingin tidur nyenyak dan berkualitas saat sedang berada di pesawat, maka Anda bisa ikuti tips yang akan kita ulas kali ini:

 Jangan Minum Kopi

Yap, pasti Anda tahu jika kopi akan membuat mata Anda terjaga dan membuat Anda susah tidur.  
Saat pramugari menanyakan pesanan minum, Anda yang penggila kopi pasti selalu sulit menolak godaan menggiurkan untuk memesan segelas kopi.

Apalagi saat ada penumpang lain yang memesan kopi dan aroma kopi tercium di seluruh kabin, pastinya godaan seperti ini susah sekali untuk Anda tolak.

Fakta bahwa kopi membuat Anda terjaga sudah tak diragukan lagi (satu gelas bisa mengandung 95 miligram kafein), tetapi sangat mengherankan berapa banyak penumpang yang memesannya bahkan saat mereka ingin tidur. Jadi intinya jangan minum kopi dulu saat Anda mendambakan tidur di pesawat.

Lalu caranya bagaimana? Minuman apa yang tepat?

Pesanlah air bersuhu normal, seperti teh herbal, atau susu hangat. Hati-hati dengan tawaran teh celup karena bisa mengandung 55 miligram kafein. Hindari juga minuman bersoda dan cokelat yang akan mencekoki Anda dengan kafein dan gula. Hmm, mau tidur aja susah ya!

Jangan Kebanyakan Memandangi Layar Gadget

Terjebak pada layar gadget merupakan kesalahan kecil yang sadar atau tidak sadar sering Anda lakukan. 

Layar smartphone, tablet, dan laptop memancarkan cahaya biru yang mengganggu hormon tidur tubuh.

Berdasarkan data yang dilansir dari berbagai situs, berikut ulasannya:

“Sejatinya, cahaya biru mengganggu produksi melatonin di otak kita,” kata Director of Behavioral Sleep Medicine di New York’s Montefiore Health System, Shelby Harris.

“Melatonin membuat kita mengantuk, tapi perlu situasi gelap agar berfungsi. Dan cahaya biru mengurangi melatonin lebih kuat dari cahaya putih biasa,” tambahnya.

Jika Anda tak bisa menenangkan pikiran Anda, cobalah membaca buku.

“Membaca saat terbang adalah salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan agar bisa tidur,” kata Pengarang Clinical Psychologists and Wellness, Ben Michaelis.

“Itu (membaca) membantu mengistirahatkan pikiran Anda, dan membuat Anda merasa santai dan menjauhkan Anda dari keramaian dan kesibukan perjalanan.”

Datang Tanpa Perlengkapan

Jangan harap Anda bisa tidur nyenyak dan berkualitas tanpa membawa peralatan yang tepat.

“Sebelum terbang, bawa seperangkat alat tidur kecil dan masukkan dalam tas punggung Anda,” rekomendasi Pakar Tidur Bersertifikasi dan Pendiri Situs Good Night Sleep, Alanna McGinn.

“Penutup telinga dan penutup mata bisa membantu mengurangi gangguan,” tambahnya.

Pakar lainnya menyarankan bawa headphone peredam suara, kaus kaki tebal, dan bantal leher (beberapa lebih suka menggunakannya di bawah dagu daripada di belakang leher), selimut, sikat gigi dan pasta gigi, dan tempat soft-lens Anda jika diperlukan.

Jika Anda tak memiliki penutup mata, kacamata hitam bisa digunakan sekaligus berfungsi sebagai tanda: "Jangan ganggu!”

Anda Salah Pilih Waktu

Anda sebaiknya hindari mengambil penerbangan di jam-jam, di mana mata Anda masih segar dan terjaga. Jadi sebelum Anda mencari harga promo tiket pesawat ada baiknnya memilih waktu penerbangan yang tepat.

Penerbangan pagi buta adalah pilihan bagus selama Anda tak mengonsumsi kopi atau ambil penerbangan yang mendarat tepat saat waktu tidur.

---

Nah, sudah tahukan bagaimana cara mendapatkan istirahat tidur yang berkualitas?

Jika Anda bingung cari tiket pesawat di mana, maka Anda bisa cari tiket online di reservasi.com.


EmoticonEmoticon